Senin, 09 Agustus 2010

Doa Sapu Jagat

Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka (Al-Baqarah: 201)

Al-Quran mengisahkan bahwa doa diatas dibaca oleh orang-orang mukmin yang tulus setelah selesai melaksanakan ibadah haji. Mereka memohon kepada Allah kebaikan di dunia dan akhirat, hingga Allah memuji mereka dengan mengatakan:"Bagi mereka adalah bagian (balasan) dari apa yang mereka kerjakan."

Imam Ibnu Katsir menegaskan, bahwa doa di atas mengandung keseluruhan kebaikan dunia serta menghindarkan diri dari segala bentuk kejelekan. Kebaikan di dunia mencakup seluruh kebutuhan duniawi, baiuk kesehatan, kelayakan hidup, istri salihah, kendaraan layak, kedudukan terhormat maupun jabatan yang tinggi. Menurut para ahli tafsirhal tersebut merupakan sarana dan prasarana kehidupan yang baik di dunia. Sedang kebaikan akhirat adalah mendapatkan nikmat kubur, selamat dari goncangan kiamat, dimudahkan dalam menghadapi hisab, selamat dari neraka, puncaknya dimasukkan surga yang paling tinggi derajatnya.

Anas bin Malik menerangkan, bahwa pada suatu waktu Rasulullah menjenguk seseorang yang sedang sakit. Dia sangat lemah tidak berdaya. lalu Rasulullah bertanya:"Saudara adakah engkau telah memanjatkan suatu doa kepada Allah?" jawabnya: "ya sudah. Aku berdoa: ya Allah, bila Engkau menghendaki untuk menyiksaku di akhirat, maka segerakanlah siksaan itu di dunia saja." rasulullah kemudia bersabda: "Subhanallah. kamu tidak akan kuasa menerima siksaan Allah. Sebaiknya bacalah doa: ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka. Lelaki itu kemudian mengamalkan doa yang diajarkan Raulullah itu, lalu diapun sembuh dari sakitnya (Tafsir Ibnu Katsir Juz: 1 halaman: 244).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar